Thursday, November 9, 2017

Teknik Audit Berbantuan Komputer

Pengertian Teknik Audit Berbantuan Komputer ( TABK)

Teknik Audit Berbantuan Komputer atau Computer Assisted Audit Techniques (CAATs) ialah setiap penggunaan teknologi informasi sebagai alat bantu dalam kegiatan audit. Jaksic (2009:10) menyatakan bahwa dengan menggunakan CAATs yang memanfaatkan kemajuan teknologi  memberikan keuntungan bagi auditor. Menurut Javrin et al. (2008), CAATs meningkatkan efektivitas pemeriksaan dengan memungkinkan auditor untuk memeriksa bukti-bukti yang tersimpan dalam bentuk elektronik. Berdasarkan SA Seksi 335 (PSA No. 57) Auditing dalam Lingkungan Sistem Informasi Komputer, menjelaskan bahwa auditor harus memiliki pengetahuan memadai untuk merencanakan, melaksanakan, dan menggunakan hasil penggunaan Teknik Audit Berbantuan Komputer. Oleh karena itu, auditor harus menyadari bahwa pengetahuan Teknik Audit Berbantuan Komputer dalam keadaan tertentu dapat mengharuskan dimilikinya jauh lebih banyak pengetahuan komputer dibandingkan dengan yang dimilikinya dalam keadaan lain. Jadi, auditor diharapkan mampu menyelesaikan tugas auditnya dengan menggunakan komputer.


Pengaruh Teknologi Informasi pada proses audit


Kemajuan TI mempengaruhi perkembangan SIA dalam hal pemrosesan data, pengendalian intern, dan peningkatan jumlah dan kualitas informasi dalam pelaporan keuangan. Dengan adanya kemajuan yang telah dicapai dalam bidang akuntansi yang menyangkut SIA berbasis komputer dalam menghasilkan laporan keuangan, maka praktik pengauditan akan terkena imbasnya. Perkembangan TI juga mempengaruhi perkembangan proses audit. Kemajuan audit software memfasilitasi pendekatan audit berbasis komputer. Kemajuan teknologi informasi memberikan peluang baru bagi profesi akuntan. Peluang baru yang mungkin diraih di antaranya adalah konsultan sistem informasi berbasis komputer, CISA, dan web trust audit.

Proses Audit Berbantuan Komputer

Berikut tahapan proses Audit Berbantuan Komputer
  1. Menentukan tujuan audit / analisis. Pengantar audit berbantu komputer harus menentukan tujuan dengan menganalisis audit keuangan, audit, kinerja, audit dengan tujuan khusus agar semua proses penentuan tujuan dapat terealisasikan sesuai dengan rencana yang semestinya harus didapat. Maka dari itu, hendaknya tahapan TABK harus memahami betul proses analisis yang berlangsung.
  2. Memahami sistem informasi. Sistem informasi adalah alur proses yang meruapakan sistem aplikasi yang memiliki kaitan dengan alur informasi. Sedangkan batasan audit ditentukan dengan batasan sistem informasi yang harus diaudit. Dengan begitu TABK harus memahami secara menyeluruh sistem informasi sesuai dengan prosedur yang berlaku.
  3. Menentukan sistem aplikasi. Sistem aplikasi berupa otomatisasi proses dan audit atas aplikasi yang berlangsung dengan sebuah proses. Untuk itu, TABK hendaknya mampu menentukan sistem aplikasi yang digunakan.
  4. Pemahaman atas aplikasi. Pemahaman ini adalah pemahaman yang berlangsung atas proses dalam menentukan kebutuhan dana, menyiapkan data master, data transaksi, data prefensi/parameter, menentukan setiap sistem dengan data yang beragam, dan menggunakan memanfaatkan satu sumber dengan menggunakan beberapa aplikasi
  5. Melakukan perolehan data. Perolehan data didapat dengan cara onl-line/ dirrect acces/ live data dan off-line/ dengan download data/ copy data. Semua cara tersebut disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan
  6. Menguji integritas data. Hendaknya data yang diuji memiliki kesamaan dengan data yang digunakan oleh auditor, usahakan untuk selalu memperhatikan kelengkapan dan validitas dari data sebelumnya setelah selesai melakukan analisis, anda juga perlu mempersiapkan hasil cetakan atau perolehan laporan sebagai perbandingan, jika terjadi masalah sampaikan dengan segera hal tersebut pada auditor.
  7. Memahami data. Memahami data dengan struktur data / tabel dengan menggunakan relasi antar data / tabel. Untuk memahami data anda juga aharus memahami jumlah dan periode record dalam transaksi pada setiap data.
  8. Menguji data. Anda bisa menguji dengan melakukan logika umum (common sense) dan menguji dengan peraturan eksternal dan internal.
  9. Menganalisis data. Untuk menganalisis data usahakan setiap hasil pengujian harus segera mendapatkan konfirmasi kepada auditor, dan usahakan hasil pengujian dilihat dari sudut pandang proses terkait.
  10. Melaporkan hasil audit. Jika anda menemukan hal diluar tujuan audite anda harus membuat laporan secara terpisah, dan laporan hasil pengujian hendaknya mampu dijawab dengan tujuan audit.


Aplikasi Audit Berbantuan Komputer

IDEA (Interactive Data Analysis Software)
Merupakan software audit yang dapat digunakan untuk membuat rekonsiliasi, investigasi kecurangan, internal/operational audit, pemindahan file, mempersiapkan laporan manajemen dan analisis-analisis lainnya, termasuk menelusuri security log.
IDEA adalah software yang powerful dan mudah dioperasikan untuk membantu akunting dan professional keuangan meningkatkan keahlian auditing, mendeteksi kecurangan, dan memenuhi dokumen-dokumen standar. Software ini memungkinkan kita untuk mengimpor data dengan cepat, menyertakan, menganalisa, mengambil sample dan mengekstrak data dari berbagai macam sumber, termasuk laporan yang dicetak dari sebuah file.
Didesain oleh Akuntan untuk Akuntan, IDEA menawarkan sebuah tampilan antar muka yang intuitif termasuk fungsi point dan klik, menu bantuan, toturial dan multi tampilan. Dengan kemampuan ukuran file yang tak terbatas, IDEA dapat mengakses dan menganalisa data yang berukuran besar dalam beberapa detik saja, membebaskan anda untuk menganjurkan manajemen dalam proyek tambahan dan memberikan analisa yang mendalam. Menurut survey, lebih separo dari 100 Kantor Akuntan Publik Besar di Amerika Serikat menggunakan IDEA untuk melakukan analisis data yang diperlukan pada saat melakukan audit.
IDEA adalah sebuah software audit yang dapat membaca data asli yang telah diimpor. Field baru dapat dibuat, walaupun data asli tidak pernah diubah. Tidak seperti Microsoft Access dan Microsoft Excel, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan manipulasi data yang telah diimpor yang dapat mengakibatkan kerusakan data akibat pengeditan ataupun penghapusan data.
IDEA juga bekerja secara otomatis memberikan satu macam dari masukan file control keseluruhan dan statistic, yang dapat diperiksa setiap kali file tersebut digunakan. Banyaknya fitur control memberikan jaminan penggunaan sebagai kesatuan dari data yang dianalisis. Kontrol-kontrol tersebut dapat membuat formulir yang cepat, mudah untuk menghasilkan control menyeluruh menghitung record, jumlah uang ataupun total item dari field yang diseleksi ataupun seluruh file, atau beberapa jumlah yang dipertimbangkan oleh auditor.
Penambahan pengeditan field-field dapat ditambahkan pada database untuk komentar, untuk mencocokkan item-item atau untuk mengoreksi data. Anda dapat menambahkan field virtual untuk membuktikan perhitungan-perhitungan dalam sebuah database, melakukan perhitungan-perhitungan baru dan rasio-rasio dari field-field yang ada tanpa database atau untuk mengkonversikan data dari sebuah tife menjadi tife lainnya. Field-field yang dapat diedit, berupa ruang kosong utuk memasukkan komentar atau pernyataan-pernyataan yang disertakan dengan field virtual.
Statistik dapat dihasilkan dari keseluruhan nomor dan field tanggal tanpa sebuah database. Untuk setiap field numeric, nilai-nilainya seperti nilai bersih, maksimum, minimum, dan nilai rata-rata seperti jumlah debet, kredit dan zero value item yang diberikan. Untuk setiap field tanggal, statistic memberikan informasi seperti tanggal terakhir dan harian dan analisis bulanan dari jumlah setiap transaksi-transaksi yang terjadi.
Kegunaan lain bagi kontrol audit adalah IDEA secara otomatis akan menghasilkan catatan sejarah yang merekam setiap proses yang dilaksanakan oleh auditor, menunjukkan jejak audit (audit trail) atau catatan seluruh operasi yang dilakukan pada sebuah database. Informasi ini kemudian disajikan dalam sebuah daftar yang dapat dikembangkan. Sejak catatan sejarah merekam seluruh proses yang dijalankan pada masa lalu dalam sebuah data, pengguna dapat mengidentifikasi bagian-bagian dari informasi yang didapat dari data asli. Setiap pengujian atau fungsi yang dijalankan akan secara otomatis menghasilkan script/kode pemrograman, yang kemudian dapat dicopy dalam IDEAScript editor (IDEAScript adalah sebuah bahasa pemrograman yang kompatibel dengan visual basic). Kode ini dberikan kepada pengguna dengan sebuah record yang dapat dicopy secara mekanis dalam kertas kerja audit.



Sumber

Wednesday, November 8, 2017

Proses Audit Sistem Informasi


Proses Audit Sistem Informasi


Adalah sebuah proses meninjau atas pengendalian Sistem Informasi untuk menilai kesesuaiannya dengan kebijakan dan prosedur pengendalian serta efektivitas dalam menjaga aset perusahaan. Untuk melakukan sebuah audit pada sebuah Sistem Informasi maupun audit lainnya, biasanya melakukan prosedur sebagai berikut :
  1. Merencanakan Audit ( menetapkan ruang lingkup, tinjauan pustaka, dan identifikasi faktor resiko)
  2. Mengumpulkan Bukti Audit ( pengamatan langsung, diskusi dengan user, pembuktian dengan dokumen sumber)
  3. Meng-evaluasi Bukti Audit ( menilai kualitas, keandalan, dan kinerja sistem, menimbang faktor-faktor resiko, dan mendokumentasikan penemuan pada saat mengaudit)
  4. Mengkomunikasikan Hasil Audit ( membuat rekomendasi, mempersiapkan laporan, dan menyajikan hasil audit pada pihak manajemen).

Jenis-jenis Audit

Terdapat 3 jenis audit yang biasanya dilakukan oleh sebuah lembaga auditor, yaitu:
  1. Audit Keuangan 
  2. Audit Sstem Informasi
  3. Audit Operasional/Manajemen

Resiko Audit

Risiko Audit atau Audit Risk (AR) adalah kemungkinan risiko salahsaji yang bersifat material dan/atau penggelapan (fraud) yang bisa lolos dari proses audit jika auditor tidak melakukan tugasnya secara cermat. Mengingat risiko itu maka seorang auditor harus melakukan pemeriksaan risiko (risk assessment) sebelum menjalankan proses audit, tepatnya pada fase perencanaan audit (audit planning). Tujuannya adalah untuk mengukur dan memetakan risiko audit yang mungkin timbul yang bisa menentukan dimana proses pemeriksaan dilaksanakan secara ketat dan dimana agak longgar, dimana audit penuh (full audit) dan dimana secara acak (random audit).

Tuesday, October 3, 2017

Pengertian Audit, Teknologi, Sistem Informasi, dan Pengertian Audit Teknologi Sistem Informasi

Pengertian Audit
Audit adalah pemeriksaan pembukuan tentang keuangan sebuah perusahaan yang dilakukan secara berkala.

Pengertian Teknologi
Teknologi adalah suatu metode ilmiah untuk mencapai suatu tujuan secara praktis, bisa juga disebut sebagai ilmu pengetahuan terapan.

Pengertian Sistem Informasi
Sistem informasi adalah kumpulan dari Software, Hardware, Brainware(manusia), Data, Network, dan Prosedure yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.

Pengertian Audit Teknologi Sistem Informasi
Adalah proses pengumpulan data dan pengevaluasian bukti-bukti untuk menentukan apakah suatu sistem aplikasi komputerisasi telah menetapkan dan menerapkan sistem pengendalian internal yang memadai.




Sumber :
Pengertian Audit
Pengertian Teknologi
Pengertian Audit Teknologi Sistem Informasi

Monday, July 24, 2017

Hasil Jadi Tugas Animasi Bowling

Pada blog sebelumnya, sudah di post cara membuat pin bowling, landasan, dan bolanya. sekarang setelah di render ternyata masih ada error guys, yaitu pin bowling jatuh duluan sebelum bola mengenai pinnya. Saya tidak tahu, apakah ini kesalahan rendering atau kesalahan di widget yang saya pakai, jadi mohon dimaklumi. Berikut hasil rendernya
benarkan, masih salah. maaf ya guys, nanti jika sudah benar akan saya upload lagi versi yang benarnya.

Monday, May 8, 2017

Pembuatan Animasi Sederhana Olahraga Bowling

Olahraga bowling merupakan aktivitas olahraga dimana pemainnya melemparkan sebuah bola besi yang berat pada sebuah lintasan yang licin. Olahraga ini biasanya dilakukan pada sebuah ruangan khusus. Di Indosenia olahraga ini belum terlalu diminiati penduduknya, ini terlihat dari sedikitnya tempat bermain bowling. Kali ini kami akan membuat sebuah animasi olahraga bowling sederhana menggunakan aplikasi blender.

  • Langkah-langkah Pembuatan Pin Bowling

.        1. Menghapus default object yang pertama di blender dengan cara menekan tombol x
  

  2. Menambahkan latar gambar untuk mempermudah proses pembuatan pin bowling dengan cara menekan tombol n, lalu pada tab background images pilih add images dan pilih gambar pin bowling yang anda bisa temukan di google.


.         3. Lalu pada menu world(gambar bola dunia) centang pilihan paper sky

.       4.  Selanjutnya pada menu texture, tambahkan texture baru dengan cara memilih new, lalu masukkan kembali gambar pin bowling yang dipilih tadi, dan pada tab influence centang horizon. Lalu tekan numpad 7, 8, dan 1 sampai terlihat gambar pin bowlingnya.



        5. Jika sudah terlihat, kita akan menambahkan alur untuk seleksi pin bowling dengan cara add à curve à Bezier. Lalu sesuaikan dengan gambar yang sudah ada di layar dengan cara pindah ke edit mode, lalu klik kanan salah satu titiknya. Untuk merotasi, tekan tombol R pada keyboard. Tambahkan lagi pin pointnya dengan cara menahan tombol ctrl dan kilk kanan pada bagian sekitar pin bowling dan sesuaikan kembali garisnya

         6. Jika sudah tercover sebagian seperti gambar berikut, pindah ke object mode dan tekan alt + c dan pilih mesh from curve/meta/surf/text.


.      7.Pada menu tools, pilih add modifier lalu pilih screw, hasilnya akan seperti ini:




.        8. Untuk memilih bagian yg akan berwarna merah, tekan shift +alt +klik kanan untuk memilih di seluruh bagian seperti gambar berikut

.      9. Menambahkan material warna baru di menu material, yaitu warna putuh untuk dasar dan warna merah untuk bagiannya. Jangan lupa untuk meng assign bagian masing masing warna

.      10. Selesai, pin bowling sudah jadi

untuk referensi videonya, bisa dilihat disini. Untuk tahapan pembuatan landasan bowlingnya, bisa dilihat disini dan untuk bola bowlingnya bisa dilihat disini.






Friday, April 28, 2017

Review Jurnal Tentang Aplikasi Blender 3D Sebagai Alat Bantu Pembuatan Game Labirin

Review Tentang Aplikasi Blender 3D Sebagai Alat Bantu Pembuatan Game Labirin
Oleh:
Kresno Murti Mulyono dan  Hanif Al Fatta
STMIK AMIKOM Yogyakarta
Email : hanif.a@amikom.ac.id

Abstraksi
A   game,   usually   undertaken   for   enjoyment   and   sometimes   used   as   an  educational tool. Key components of games are goals, rules, challenge, and interaction.  Games generally involve mental or physical  stimulation, and often both. Many games help develop practical skills, serve as a form of exercise, or otherwise perform an  educational, simulational, or psychological role. Game maze is a type of game that could be considered old-fashioned, but this type of game is still enjoyed in your spare time, and there are many games that use the  concept of the labyrinth. Blender is free software, that can be used to implement a labyrinth game with a low polygon modeling because blender has the ability like pay aplikasi tough. Blender has a lot of ability ranging from 3D modeling, rendering, shading, 3D animation, to 3D  game development as a whole.

Review:
Pada jurnal ini, penulis menggunakan aplikasi Blender 3D sebagai alat bantu untuk membuat sebuah game yang bernama “MyQuest”. Blender 3D adalah sebuah open source program yang memungkinkan kita sebagai pengguna untuk membuat objek-objek 3 dimensi, memberikan tekstur pada objek tersebut, memberikan animasi, dan lain lain.
Jurnal ini memfokuskan pad acara pembuatan labirin, NPC( non-player character), serta pembuatan karakter utama dan teksturing dari labirin tersebut. Pada jurnal ini terlihat penulis merasa kesulitan karena si penulis menggunakan VGA (video graphics array) dari Intel™ yang notabene memang tidak diciptakan untuk membuat dan memproses grafik yang berat seperti modeling, teksturing dan yang lainnya. Si penulis juga tidak bisa membuat aplikasi utuh dari apa yang Ia buat pada blender, karena pada tahun 2012 belum ada acara untuk membuat aplikasi langsung dari blendernya.
Blender sendiri pada tahun 2017 sudah mencapai versi ke 2.78 dimana blender sudah bisa dibilang sebagai software gratis yang bisa digunakan oleh semua orang, baik yang masih belajar ataupun yang sudah mahir dalam bidang pembuatan animasi, visual efek, game, Virtual Reality, dan masih banyak lagi. Blender sendiri mempunyai spesifikasi agar bisa dijalankan dengan mulus pada sebuah komputer, spesifikasinya adalah sebagai berikut:
Minimum:
  • 32-bit dual core 2Ghz  CPU with SSE2 support.
  • 2 GB RAM
  • 24 bits 1280×768 display
  • Mouse or trackpad
  • OpenGL 2.1 compatible graphics with 512 MB RAM
Recommended:
  • ·         64-bit quad core CPU
  • ·         8 GB RAM
  • ·         Full HD display with 24 bit color
  • ·         Three button mouse
  • ·         OpenGL 3.2 compatible graphics with 2 GB RAM

Dengan spesifikasi diatas, jika ada orang ingin membuat animasi, rendering dan sebagainya maka disarankan menggunakan VGA selain intel. Belakangan ini juga sudah terdapat laptop dengan 2 VGA yang akan sangat membantu jika ingin memakai blender. Pengaturan VGA mana yang akan digunakan untuk memproses apa yang dibuat di blender pun sudah disediakan oleh developer, tinggal si usernya sendiri mau atau tidak memakai pengaturan ini. Selain itu, perlu diperhatikan dimana tempat save state blender berada, jika bisa di rubah terlebih dahulu, agar tidak susah saat mencarinya.


Daftar pustaka:
Requirements,Blender https://www.blender.org/download/requirements/ diakses pada tanggal 01-04-2017
Jurnal Dasi  http://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/viewFile/97/83. Diakses pada tanggal 01-04-2017





Monday, November 14, 2016

Membangun WEB Server dengan APACHE

WEB server adalah suatu layanan yang diberikan pada komputer server untuk dapat melakukan layanan penyajian informasi yang berupa tulisan, gambar, audio, video dan animasi melalui web yang diakses oleh client menggunakan program browser dalam sistem jaringan, baik LAN, WAN maupun internet.  Layanan WEB server, memungkinkan pengguna komputer lebih mudah mendapatkan informasi, karena satu informasi dapat dibaca oleh banyak pengguna secara bersamaan dalam jarak yang jauh maupun dekat.  Salah satu program yang mampu memberikan layanan WEB atau sebagai web server pada linux Debian adalah APACHE2. Beberapa contoh penerapan layanan dari WEB server adalah adanya sejumlah web site sebagai pusat informasi baik ilmu pengetahuan, berita, audio maupun video.

Berikut beberapa contoh penerapan web site dan web server dalam kehidupan sehari – hari :
Sumber informasi bisnis :  www.azkiaaa.co.cc  www.amazone.com  www.bhineka.comsumber informasi audio: www.afing.wordpress.com  www.jogjastreamer.com  www.mqfm.net
sumber informasi video : www.layartancap.com  www.liputan6.com   .

Berikut urutan langkah membangun Web Server menggunakan program Apache 2.
1.      Instal program APACHE2
#apt-get install apache2


2.      Edit file – file konfigurasi httpd.conf yang terletek di /etc/apache2/httpd.conf
#mcedit /etc/apache2/httpd.conf ==> isi dengan servername www.belajar.com

3.      Edit file index.html yang terletak di /var/www/
#mcedit /var/www/index/html
Tampilan default /var/www/index/html

isi dengan :
<html>
<head>
<title>
::Judul web site ..
</title>
</head>
<body bgcolor=”black” text=”yellow”>
<h1> Selamat dan Sukses</h1>
<hr>
<h2> Atas keberhasilan Anda membangun Web Server dengan apache </h2>
</body>
</html>
4.      Restart program apache nya
#mcedit /etc/init.d/apache2 restart

5.      Coba jalankan program browser, program links  www.belajar.com  dari komputer server dan internet explorer dari komputer client yang menggunakan os windows XP. Jika, sudah muncul tampilan web, maka konfigurasi membangun WEB server dengan program Apache 2 sudah berhasil.

Sunday, November 13, 2016

Penerapan Teknologi Sistem Cerdas

Penerapan Teknologi Sistem Cerdas

Pada Kesempatan kali ini saya akan menjelaskan beberapa contoh tentang AI(Artificial Intelligence) yang pernah saya gunakan.







1                1.  Chat bots

Chat bots adalah sebuah fitur dari AI yang memungkinkan kita untuk "mengobrol" dengan sebuah program. Chat bot yang sedang di gandrungi saat ini adalah Chat bot pada Telegram seperti Spyfallbot, Werewolf bot, dan lain masih banyak lagi. Pada fitur chat bots Telegram, user dapat melakukan perintah-perintah untuk melakukan sesuatu (yang hanya dimengerti oleh bot tentunya) seperti bermain, cek status, cek ping server bot, dan lain lain.
 Proses untuk "mengobrol" dengan bot di Telegram adalah dengan menggunakan inline text "/start" untuk  memulai chat(Seperti pada gambar). Dengan mengawali chat menggunakan  tanda "/" yang merupakan perintah yang hanya dimengerti oleh bot, user bisa berkomunikasi dengan server bot untuk melakukan suatuhal. Jadi urutannya adalah: User meng-add bot > chat "/start" > server bot merespon dengan mengirimkan pesan pembuka dan pilihan command yang tersedia > selesai. Dengan selesainya proses tersebut, User dapat berinteraksi dengan bot. Selengkapnya  bisa dilihat di : https://telegram.org/blog/bot-revolution



                    
           2. Bot Pada game.
               Bot pada game yang saya maksud disini adalah bot Defense of the Ancients (DotA)yang bisa digunakan oleh User untuk latihan sebelum bermain online, atau menggantikan User yang leave ditengah tengah game. Untuk saat ini saya akan menjelaskan urutan yang harus dilakukan oleh user yang akan menggunakan fitur bot untuk latihan,
Urutannya adalah: User masuk ke menu latihan, User memilih hero, lalu menunggu bot untuk memilih hero(disini bot akan menyesuaikan tingkat kesulitan yang sudah di set sebelumnya oleh user)lalu setelah hitung mundur selesai, user akan dapat mulai berlatih dengan bot tersebut.
Selengkapnya bisa dilihat di : http://dota2.gamepedia.com/Bots


               3.  Bot pada app Google Now
               Google Now adalah AI yang dikembangkan oleh Google. Google Now tersedia dalam aplikasi Google Search untuk Android dan iOS dan terdapat juga di Google Chrome pada komputer pribadi sebagai web browser. Google Now dapat  menjawab pertanyaan, membuat rekomendasi, dan melakukan tindakan yang sesuai dengan permintaan user  untuk mengakses layanan web. Seiring dengan menjawab pertanyaan user, Google Now dapat  memunculkan prediksi  (berdasarkan kebiasaan pencarian mereka) yang mereka mungkin inginkan. Google now pertama kali disertakan dalam Android 4.1 ("Jelly Bean"), yang diluncurkan pada tanggal 9 Juli 2012, dan pertama kali didukung pada telepon cerdas Galaxy Nexus
               Selengkapnya bisa dilihat di: https://en.wikipedia.org/wiki/Google_Now


Nah, sebenarnya masih banyak lagi aplikasi AI yang pernah saya gunakan, mungkin akan saya lanjut lain waktu. Sekian

Sumber : 


Sunday, October 9, 2016

Sistem Cerdas

Sistem Cerdas

Apa itu sistem cerdas?
Bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia bahkan bisa lebih baik daripada yang dilakukan manusia. 

Menurut John McCarthy, 1956, AI : Untuk mengetahui dan memodelkan proses – proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia.  

Cerdas =  memiliki pengetahuan + pengalaman, penalaran (bagaimana membuat keputusan &      mengambil tindakan), moral yang baik


Manusia cerdas (pandai) dalam menyelesaikan permasalahan karena manusia mempunyai pengetahuan & pengalaman. Pengetahuan diperoleh dari belajar. Semakin banyak bekal pengetahuan yang dimiliki tentu akan lebih mampu menyelesaikan permasalahan. Tapi bekal pengetahuan saja tidak cukup, manusia juga diberi akal untuk melakukan penalaran,mengambil kesimpulan berdasarkan pengetahuan & pengalaman yang dimiliki. Tanpa memiliki kemampuan untuk menalar dengan baik, manusia dengan segudang pengalaman dan pengetahuan tidak akan dapat menyelesaikan masalah dengan baik. Demikian juga dengan kemampuan menalar yang sangat baik,namun tanpa bekal pengetahuan dan pengalaman yang memadai,manusia juga tidak akan bisa menyelesaikan masalah dengan baik. 

Perbedaan kecerdasan buatan dan kecerdasan alami

Kelebihan kecerdasan buatan : 
  1.  Lebih bersifat permanen. Kecerdasan alami bisa berubah karena sifat manusia pelupa. Kecerdasan buatan tidak berubah selama sistem komputer & program tidak mengubahnya. 
  2. Lebih mudah diduplikasi & disebarkan. Mentransfer pengetahuan manusia dari 1 orang ke orang lain membutuhkan proses yang sangat lama & keahlian tidak akan pernah dapat diduplikasi dengan lengkap.Jadi jika pengetahuan terletak pada suatu sistem komputer, pengetahuan tersebut dapat disalin dari komputer tersebut & dapat dipindahkan dengan mudah ke komputer yang lain.
  3. Lebih murah. Menyediakan layanan komputer akan lebih mudah & murah dibandingkan mendatangkan seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam jangka waktu yang sangat lama. 
  4. Bersifat konsisten karena kecerdasan buatan adalah bagian dari teknologi komputer sedangkan kecerdasan alami senantiasa berubah-ubah 
  5.  Dapat didokumentasi.Keputusan yang dibuat komputer dapat didokumentasi dengan mudah dengan cara melacak setiap aktivitas dari sistem tersebut. Kecerdasan alami sangat sulit untuk direproduksi. 
  6. Lebih cepat 
  7. Lebih baik 
Kelebihan kecerdasan alami:
  1.  Kreatif : manusia memiliki kemampuan untuk menambah pengetahuan, sedangkan pada kecerdasan buatan untuk menambah pengetahuan harus dilakukan melalui sistem yang dibangun.
  2. Memungkinkan orang untuk menggunakan pengalaman secara langsung. Sedangkan pada kecerdasan buatan harus bekerja dengan input-input simbolik.
  3. Pemikiran manusia dapat digunakan secara luas, sedangkan kecerdasan buatan sangat terbatas. 

Sejarah Kecerdasan Buatan

Tahun 1950 – an Alan Turing, seorang pionir AI dan ahli matematika Inggris melakukan percobaan Turing (Turing Test) yaitu sebuah komputer melalui terminalnya ditempatkan pada jarak jauh. Di ujung yang satu ada terminal dengan software AI dan diujung lain ada sebuah terminal dengan seorang operator. Operator itu tidak mengetahui kalau di ujung terminal lain dipasang software AI. Mereka berkomunikasi  dimana terminal di ujung memberikan respon terhadap serangkaian pertanyaan yang diajukan oleh operator. Dan sang operator itu mengira  bahwa ia sedang berkomunikasi dengan operator lainnya yang berada pada terminal lain.  Turing beranggapan bahwa jika mesin dapat membuat seseorang percaya bahwa dirinya mampu berkomunikasi dengan orang lain, maka dapat dikatakan bahwa mesin tersebut cerdas (seperti layaknya manusia).  

KECERDASAN BUATAN PADA APLIKASI KOMERSIAL 

Lingkup utama kecerdasan buatan : 
  1. Sistem pakar (expert system) : komputer sebagai sarana untuk menyimpan pengetahuan para pakar sehingga komputer memiliki keahlian menyelesaikan permasalahan dengan meniru keahlian yang dimiliki pakar
  2. Pengolahan bahasa alami (natural language processing) : user dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa sehari-hari, misal bahasa inggris, bahasa indonesia, bahasa jawa, dll 
  3.  Pengenalan ucapan (speech recognition) : manusia dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara.
  4. Robotika & sistem sensor 
  5. Computer vision : menginterpretasikan gambar atau objek-objek tampak melalui komputer 
  6. Intelligent computer-aided instruction : komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih & mengajar 
  7. Game playing 

SOFT Computing 

Soft computing merupakan inovasi baru dalam membangun sistem cerdas yaitu sistem yang memiliki keahlian seperti manusia pada domain tertentu, mampu beradaptasi dan belajar agar dapat bekerja lebih baik jika terjadi perubahan lingkungan. Soft computing mengeksploitasi adanya toleransi terhadap ketidaktepatan, ketidakpastian, dan kebenaran parsial untuk dapat diselesaikan dan dikendalikan dengan mudah agar sesuai dengan realita (Prof. Lotfi A Zadeh, 1992). Metodologi-metodologi yang digunakan dalam Soft computing adalah : 
  1. Sistem Fuzzy (mengakomodasi ketidaktepatan) => Logika Fuzzy (fuzzy logic) 
  2. Jaringan Syaraf (menggunakan pembelajaran) => Jaringan Syaraf Tiruan (neurall network) 
  3.  Probabilistic Reasoning (mengakomodasi ketidakpastian)  
  4.  Evolutionary Computing (optimasi) => Algoritma Genetika 

Saturday, December 26, 2015

Budaya, Kreatifitas, dan Inovasi



 1. Pengertian dan Fungsi Budaya Organisasi

Budaya organisasi adalah sebuah sistem makna bersama yang dianut oleh para anggota yang membedakan suatu organisasi dari organisasi-organisasi lainnya. Sistem makna bersama ini adalah sekumpulan karakteristik kunci yang dijunjung tinggi oleh organisasi.

Adapun pengertian Budaya Organisasi menurut beberapa ahli, yaitu :
1.Menurut Wood, Wallace, Zeffane, Schermerhorn, Hunt, Osborn (2001:391), budaya organisasi adalah sistem yang dipercayai dan nilai yang dikembangkan oleh organisasi dimana hal itu menuntun perilaku dari anggota organisasi itu sendiri.
2.Menurut Tosi, Rizzo, Carroll seperti yang dikutip oleh Munandar (2001:263), budaya organisasi adalah cara-cara berpikir, berperasaan dan bereaksi berdasarkan pola-pola tertentu yang ada dalam organisasi atau yang ada pada bagian-bagian organisasi.
3.Menurut Robbins (1996:289), budaya organisasi adalah suatu persepsi bersama yang dianut oleh anggota-anggota organisasi itu.

Fungsi budaya organisasi adalah sebagai tapal batas tingkah laku individu yang ada didalamnya.
Menurut Robbins (1996 : 294), fungsi budaya organisasi sebagai berikut :
1.Budaya menciptakan pembedaan yang jelas antara satu organisasi dan yang lain.
2.Budaya membawa suatu rasa identitas bagi anggota-anggota organisasi.
3.Budaya mempermudah timbulnya komitmen pada sesuatu yang lebih luas daripada kepentingan diri individual seseorang.
4.Budaya merupakan perekat sosial yang membantu mempersatukan organisasi itu dengan memberikan standar-standar yang tepat untuk dilakukan oleh karyawan.
5.Budaya sebagai mekanisme pembuat makna dan kendali yang memandu dan membentuk sikap serta perilaku karyawan

2. Tipologi Budaya Organisasi



Pengertian Tipologi merupakan suatu pengelompokan bahasa berdasarkan ciri khas tata kata dan tata kalimatnya (Mallinson dan Blake,1981:1-3).

-        Tipologi budaya organisasi bertujuan untuk menunjukkan aneka budaya organisasi yang mungkin ada di realitas, Tipologi budaya organisasi dapat diturunkan dari tipologi organisasi misalnya dengan membagi tipe organisasi dengan membuat tabulasi silang antara jenis kekuasaan dengan jenis keterlibatan individu di dalam organisasi. 
Menurut Sonnenfeld dari Universitas Emory (Robbins, 1996 :290-291), ada empat tipe budaya
organisasi :

1. Akademi
Perusahaan suka merekrut para lulusan muda universitas, memberi mereka pelatihan istimewa, dan kemudian mengoperasikan mereka dalam suatu fungsi yang khusus. Perusahaan lebih menyukai karyawan yang lebih cermat, teliti, dan mendetail dalam menghadapi dan memecahkan suatu masalah.

2. Kelab
Perusahaan lebih condong ke arah orientasi orang dan orientasi tim dimana perusahaan memberi nilai tinggi pada karyawan yang dapat menyesuaikan diri dalam sistem organisasi. Perusahaan juga menyukai karyawan yang setia dan mempunyai komitmen yang tinggi serta mengutamakan kerja sama tim.

3. Tim Bisbol
Perusahaan berorientasi bagi para pengambil resiko dan inovator, perusahaan juga berorientasi pada hasil yang dicapai oleh karyawan, perusahaan juga lebih menyukai karyawan yang agresif. Perusahaan cenderung untuk mencari orang-orang berbakat dari segala usia dan pengalaman, perusahaan juga menawarkan insentif finansial yang sangat besar dan kebebasan besar bagi mereka yang sangat berprestasi.

4. Benteng

Perusahaan condong untuk mempertahankan budaya yang sudah baik. Menurut Sonnenfield banyak perusahaan tidak dapat dengan rapi dikategorikan dalam salah satu dari empat kategori karena merek memiliki suatu paduan budaya atau karena perusahaan berada dalam masa peralihan. 

3. Kreatifitas individu dan team  


Kreativitas dengan inovasi itu berbeda. Kreativitas merupakan pikiran untuk menciptakan sesuatu yang baru, sedangkan inovasi adalah melakukan sesuatu yang baru. Hubungan keduanya jelas. Inovasi merupakan aplikasi praktis dari kreativitas. Dengan kata lain, kreativitas bisa merupakan variabel bebas, sedangkan inovasi adalah variabel tak bebas. Dalam praktek bisnis sehari-hari, ada perencanaan yang meliputi strategi, taktik, dan eksekusi. Dalam pitching konsultansi atau agency, sering terdengar keluhan bahwa secara konseptual apa yang disodorkan agency bagus, tetapi strategi itu tak berdampak pada perusahaan karena mandek di tingkat eksekusi. Mengapa? Sebab, strategi bisa ditentukan oleh seseorang, tetapi eksekusinya harus melibatkan banyak orang, mulai dari atasan hingga bawahan. Di sinilah mulai ada gesekan antarkaryawan, beda persepsi hingga ke sikap penentangan.
Itu sebabnya, tak ada perusahaan yang mampu berinovasi secara konsisten tanpa dukungan karyawan yang bisa memenuhi tuntutan persaingan. Hasil pengamatan kami menunjukkan, perusahaan-perusahaan inovator sangat memperhatikan masalah pelatihan karyawan, pemberdayaan, dan juga sistem reward untuk meng-create daya pegas inovasi. Benih-benih inovasi akan tumbuh baik pada perusahaan-perusahaan yang selalu menstimulasi karyawan, dan mendorong ke arah ide-ide bagus. Melalui program pelatihan, sistem reward, dan komunikasi, perusahaan terus berusaha untuk mendemokratisasikan inovasi